DAFTAR ORMIT
(Ikatan Pendidik dan Pengelola Pendidikan Musik Indonesia (IPPPMI)
Argadia
Asosasi Profesi Perpajakan Indonesia (APROPI)
Asosiasi Ahli Tata Rias Pengantin Modifikasi dan Modern (KATALIA)
Asosiasi Para Pemijat Pengobatan Indonesia
Asosiasi Pemerhati Teknologi Informasi dan Komunikasi Indonesia (APLIKASI)
Asosiasi Pendidik Dan Ppengembang Bahasa Mandarin Di Indonesia (APPBMI)
Asosiasi Pendidik dan Praktisi Seni Pertunjukan Indonesia
Asosiasi Pengobat Tradisional Ramuan Indonesia (ASPETRI)
Asosiasi Praktisi Teknik Otomotif (APTO)
Asosiasi Profesi Ekspor Impor Seluruh Indonesia (APRESINDO)
Asosiasi Profesi Pendidik dan Praktisi Teknisi Akuntansi Indonesia (APPTASI)
Asosiasi SPA Indonesia (ASPI)
Asosiasi SPA Terapis Indoensia (ASTI)
Himpunan Ahli Rias Pengantin "Melati" (HARPI MELATI)
Himpunan Ahli Teknik Penyiaran Indonesia (HATPI)
Himpunan Pengembangan Kepribadian Indonesia(IPRISIA)
Himpunan Penyelenggara Pelatihan dan Kursus Indonesia (HIPKI)
Himpunan Seluruh Pendidik dan Penguji Indonesia PNF (HISPPI)
Ikatan Ahli Boga Indonesia (IKABOGA)
Ikatan Pembuat Hantaran Indonesia "Pancawati" (IPHI Pancawati)
Ikatan Penata Busana Indonesia "Kartini" (IPBI Kartini)
Ikatan Sekretris dan Administratif Profesional Indonesia (ISI)
Indonesian Administrative Profesional Association (IAPA)
Indonesian English Course Teachers’ Association (IECTA)
Mayarakat Floristri Indonesia (MFI)
Persatuan Ahli Kecantikan dan Pengusaha Salon Indonesia (Tiara Kusuma)
Persatuan Akupunkturis Seluruh Indonesia (PAKSI)
Persatuan Artis Penyanyi Pencipta Lagu dan Pemusik Republik Indonesia (PAPPRI)
Persatuan Pengelola Usaha dan Pendidikan Makanan Khusus PELANGI (P3MK Pelangi)
Asosiasi Pendidik Dan Ppengembang Bahasa Mandarin Di Indonesia (APPBMI)
AlamatJalan Raya Bogor Km 19,5 No. 130 A-D Kramat Jati, Jakarta Timur ( 13510 ) Indonesia E-mail : appbmi@gmail.com
Tlp. 021-70656578 - Fax. 021-8098645
SejarahSeminar Nasional Bahasa Mandarin di Jakarta. Bertitik tolak dari dihapuskannya Ujian Nasional sejak tahun 2008 bagi peserta didik seluruh Kursus berbagai bidang studi, tak terkecuali Kursus Bahasa Mandarin, maka Ibu Dra. Inny C. Haryono, MA selaku Ketua Konsorsium Kursus Bahasa Mandarin menunjuk Djona Jusuf, S.H., MBA, sebagai Ketua Panitia untuk menyelenggarakan Seminar Nasional Bahasa Mandarin pada Tanggal 24 Nopember 2008 di Kantor Kementerian Pendidikan Nasional Republik Indonesia. Bapak Dr. Wartanto selaku Direktur Pembinaan Kursus dan Kelembagaan, Ditjen Pendidikan Non Formal dan Informal dalam Seminar tersebut mengingatkan agar Masyarakat segera membentuk Asosiasi Bahasa Mandarin dan seterusnya membentuk Lembaga Sertifikasi untuk melaksanakan Uji Kompetensi Bahasa Mandarin sebagai pengganti Ujian Nasional yang telah dihapus pada bulan Oktober 2008.

Setelah Rapat Evaluasi dan Pembubaran Panitia Seminar Nasional bahasa Mandarin pada awal Desember 2008, Ibu Dra. Inny C. Haryono, MA mengajak Djona Jusuf, S.H. MBA untuk membicarakan lebih lanjut rencana Pembentukan Asosiasi bahasa Mandarin dan saat itu juga direncanakanlah jadwal pertemuan dengan tokoh-tokoh pendidik bahasa Mandarin.

Bulan Pebruari 2009 diadakan pertemuan di Kantor Koran berbahasa Mandarin Harian Indonesia XINGZHOU di jalan Gajah Mada antara Ibu Inny C. Haryono, Ibu Hoo Betty dan Djona Jusuf. Pertemuan ini menghasilkan nama-nama yang akan diusulkan untuk duduk didalam struktur organisasi Asosiasi. Pada pertemuan-pertemuan selanjutnya secara rutin diadakan rapat-rapat intensif untuk mematangkan Pembentukan Asosiasi yang kemudian tercetuslah nama : ASOSIASI PENDIDIK DAN PENGEMBANG BAHASA MANDARIN DI INDONESIA.

Bertepatan dengan hari Pendidikan Nasional, tanggal 2 Mei 2009 para Pendiri APPBMI : Dra Inny C. Haryono, MA, Hoo Betty dan Djona Jusuf, S.H., MBA menghadap Notaris Yan Armin, S.H. untuk membuat Akte Pendirian ASOSIASI PENDIDIK DAN PENGEMBANG BAHASA MANDARIN DI INDONESIA.

Deklarasi APPBMI diadakan pada hari Sabtu, tanggal 12 September 2009 oleh 16 Pengurus DPP APPBMI, yaitu: 1. Dra. Inny C. Haryono, MA 2. Hoo Betty 3. Djona Jusuf, S.H., MBA 4. Eddy Lembong, S.H. 5. Nancy Wijaya 6. Drs. Edi Sadeli, S.H. 7. Ratna Kumaladewi 8. Philip L.P. 9. Evi Sari 10. Cindy Saputra 11. Xie Lan Hua 12. Linda Li 13. Sias Mawarni 14. Ni Zhi Hui 15. Nuning Yuningsih 16. Lanny
Visi & MisiVISI

Menyebarluaskan bahasa Mandarin di Indonesia yang berfungsi sebagai alat komunikasi dengan meningkatkan mutu pendidik agar dapat mencetak lulusan sesuai tuntutan era global.

MISI
  1. Mengorganisir para pakar dan pemerhati bahasa Mandarin untuk bersama-sama membantu Pemerintah (Departemen Pendidikan Nasional) melaksanakan kebijakan penyebarluasan bahasa Mandarin di Indonesia.
  2. Membantu pemerintah menyusun standarisasi pengelolaan lembaga pendidikan dalam hal cara pengajaran, pengujian, dan penilaian dalam rangka membangun sistem pengajaran Mandarin yang utuh, sistematis, dan ilmiah.
  3. Membantu pemerintah menyusun pola standarisasi berbagai profesi pendidik dan meningkatkan kemampuan profesionalitas guru Mandarin.
  4. Dari waktu ke waktu melaksanakan kegiatan kerja yang disesuaikan dengan kebutuhan
Tujuan & Fungsi
  1. Menjalin kerjasama dengan instansi, organisasi dan lembaga di dalam dan di luar negeri untuk memfasilitasi tercapainya misi Asosiasi.
  2. Membina Pengurus DPD agar melaksanakan kebijakan Asosiasi di daerah masing-masing secara sinkron, disiplin, dan efektif.
Keterangan Logo
  1. Tulisan APPBMI adalah kependekan dari Asosiasi Pendidik dan Pengembang Bahasa Mandarin di Indonesia
  2. Dua Huruf Han/ Mandarin berada diatas sebuah buku terbuka menandakan bahwa APPBMI merupakan sebuah organisasi yang terbuka bagi para Pendidik, Pengembang, Pemerhati , Pengguna dan Pakar Bahasa Mandarin yang sepakat menyumbangkan kemampuan dibidang pendidikan bahasa Mandarin di Indonesia.
  3. Padi dan Kapas, mengingatkan kepada seluruh jajaran APPBMI untuk :  a). terus ikut menopang kehidupan masyarakat hingga mencapai penghidupan yang layak, makmur dan sejahtera; b). memandang sama terhadap setiap suku bangsa di Indonesia untuk mendapatkan pengetahuan dan penguasaan Bahasa Mandarin sampai diseluruh Pelosok Tanah Air Indonesia.
  4. Bendera Merah Putih menjadi landasan kebangsaan APPBMI, bahwa segala bentuk pengajaran dan pendidikan tetap harus berpegang pada kepentingan Bangsa dan Negara Kesatuan Republik Indonesia.
STRUKTUR ORGANISASI
BERITA
2017 © Direktorat Pembinaan Kursus & Pelatihan
Ditjen Pendidikan Anak Usia Dini, Nonformal dan Informal - Kementerian Pendidikan & Kebudayaan
website: http://www.infokursus.net - email: ditbinsus@yahoo.co.id