DAFTAR ORMIT
(Ikatan Pendidik dan Pengelola Pendidikan Musik Indonesia (IPPPMI)
Argadia
Asosasi Profesi Perpajakan Indonesia (APROPI)
Asosiasi Ahli Tata Rias Pengantin Modifikasi dan Modern (KATALIA)
Asosiasi Para Pemijat Pengobatan Indonesia
Asosiasi Pemerhati Teknologi Informasi dan Komunikasi Indonesia (APLIKASI)
Asosiasi Pendidik Dan Ppengembang Bahasa Mandarin Di Indonesia (APPBMI)
Asosiasi Pendidik dan Praktisi Seni Pertunjukan Indonesia
Asosiasi Pengobat Tradisional Ramuan Indonesia (ASPETRI)
Asosiasi Praktisi Teknik Otomotif (APTO)
Asosiasi Profesi Ekspor Impor Seluruh Indonesia (APRESINDO)
Asosiasi Profesi Pendidik dan Praktisi Teknisi Akuntansi Indonesia (APPTASI)
Asosiasi SPA Indonesia (ASPI)
Asosiasi SPA Terapis Indoensia (ASTI)
Himpunan Ahli Rias Pengantin "Melati" (HARPI MELATI)
Himpunan Ahli Teknik Penyiaran Indonesia (HATPI)
Himpunan Pengembangan Kepribadian Indonesia(IPRISIA)
Himpunan Penyelenggara Pelatihan dan Kursus Indonesia (HIPKI)
Himpunan Seluruh Pendidik dan Penguji Indonesia PNF (HISPPI)
Ikatan Ahli Boga Indonesia (IKABOGA)
Ikatan Pembuat Hantaran Indonesia "Pancawati" (IPHI Pancawati)
Ikatan Penata Busana Indonesia "Kartini" (IPBI Kartini)
Ikatan Sekretris dan Administratif Profesional Indonesia (ISI)
Indonesian Administrative Profesional Association (IAPA)
Indonesian English Course Teachers’ Association (IECTA)
Mayarakat Floristri Indonesia (MFI)
Persatuan Ahli Kecantikan dan Pengusaha Salon Indonesia (Tiara Kusuma)
Persatuan Akupunkturis Seluruh Indonesia (PAKSI)
Persatuan Artis Penyanyi Pencipta Lagu dan Pemusik Republik Indonesia (PAPPRI)
Persatuan Pengelola Usaha dan Pendidikan Makanan Khusus PELANGI (P3MK Pelangi)
Himpunan Seluruh Pendidik dan Penguji Indonesia PNF (HISPPI)
AlamatJl. Kartini VIII No. 54/O Jakarta 10750
Tlp. 021-6590406/0811722035 - Fax. 021-6299487
SejarahPendidikan Non Formal adalah usaha dan kegiatan yang dijalankan dengan sengaja, teratur, dan terencana dalam membina kepribadian untuk mengembangkan kemampuan manusia Indonesia seutuhnya yang berlangsung seumur hidup, sebagai bagian dari pembangunan nasional guna mewujudkan cita-cita masyarakat adil dan makmur material dan spiritual berdasarkan Pancasila dan Undang-Undang Dasar 1945. Bahwa bidang pendidikan, khususnya bidang Pendidikan Non Formal diharapkan dapat menghasilkan tenaga-tenaga yang kompeten dan profesional yang pada gilirannya akan dapat memperluas kesempatan kerja, meningkatkan kesejahteraan dan meningkatkan daya saing dalam menghadapi pasar bebas.

Dewasa ini Pendidikan Non Formal memiliki potensi yang cukup besar setelah dapat membuktikan peranan dan kemampuannya dalam menghasilkan sumber daya manusia yang kompeten, profesional, dan siap kerja dengan dilandasi semangat kebersamaan untuk mencerdaskan dan menerampilkan bangsa dalam menghadapi berbagai tantangan pembangunan dimasa mendatang.

Menyadari fungsi dan tanggung jawab serta dalam rangka mencapai tujuan pendidikan nasional, maka dengan rahmat Tuhan Yang Maha Esa, kami para pendidik dan penguji pendidikan non formal menghimpun diri dalam satu wadah organisasi nasional yang merupakan mitra pemerintah dalam pendidikan nonformal dengan nama Himpunan Seluruh Pendidik dan Penguji Pendidikan Non Formal (HISPPI PNF).

HISPPI PNF adalah organisasi kemasyarakatan non politis yang diselenggarakan oleh masyarakat praktisi dan pencinta pendidikan non formal didirikan di Jakarta pada tanggal 7 Pebruari 1986 dengan nama awal Himpunan Seluruh Pendidik dan Penguji Indonesia Diklusemas (HISPI DIKLUSEMAS). Hasil Munas III tanggal 11-12 Juni 1993 nama organisasi diubah menjadi Himpunan Seluruh Pendidik dan Penguji Indonesia Pendidikan Luar Sekolah yang diselenggarakan oleh Masyarakat (HISPPI DIKLUSEMAS).

Tahun 2003 berdasarkan hasil Musyawarah Nasional V HISPI DIKLUSEMAS yang diadakan pada tanggal 25-25 Juli 2003 bertempat di Gedung Krida Bhakti, Sekretariatan Negara Republik Indonesia, Jalan Veteran No. 21 Jakarta, telah disetujui antara lain Susunan Dewan Pengurus Pusat dan Anggaran Dasar dan Anggaran Rumah Tangga yang juga telah merubah namanya menjadi berganti nama menjadi Himpunan Seluruh Pendidik dan Penguji Indonesia Pendidikan Non Formal (HISPPI PNF).
Visi & MisiVISI

Meningkatkan mutu pendidik PNF agar dapat mencetak lulusan yang memiliki keunggulan bersaing di era global, siap kerja, profesional, mandiri dan berkarya.

MISI:

  1. Meningkatkan mutu pendidik Pendidikan Non Formal.
  2. Meningkatkan kesejahteraan pendidik Pendidikan Non Formal.
  3. Meningkatkan perlindungan pendidik Pendidikan Non Formal.
  4. Meningkatkan standar kualifikasi dan sertifikasi pendidik Pendidikan Non Formal
Tujuan & FungsiTUJUAN 1. Menghimpun para Pendidik dan atau Penguji Indonesia pendidikan nonformal dari berbagai jenis kompetensi yang berbasis kursus dan pelatihan. 2. Mengembangkan kemampuan profesionalisme dalam proses belajar mengajar pendidik pendidikan nonformal sesuai dengan jenis kompetensinya. 3. Mengembangkan ilmu dan teknologi di bidang pendidikan nonformal dalam rangka membantu pemerintah menyukseskan pembangunan Nasional. 4. Menyebarluaskan gagasan-gagasan baru dalam bidang ilmu, teknologi dan metodologi pendidikan nonformal untuk menghadapi tantangan dunia pendidikan pada era global. 5. Melindungi dan memperjuangkan kepentingan anggota khususnya dan masyarakat pada umumnya dalam pendidikan nonformal. FUNGSI 1. Meningkatkan mutu dan profesionalisme Pendidik Pendidikan Nonformal 2. Meningkatkan mutu dan profesionalisme Penguji Pendidikan Nonformal 3. Mengembangkan kurikulum dan metode Pendidikan Non Formal 4. Mendata, menghimpun dan membina Pendidik dan Penguji Indonesia Pendidikan Non Formal sesuai jenis kompetensinya 5. Mencetak Penguji dan Master Penguji Pendidikan Non Formal 6. Memberikan rekomendasi kepada pendidik Pendidikan Non Formal untuk mendapatkan sertifikat pendidik. 7. Memberikan rekomendasi kepada Penguji Pendidikan Non Formal untuk mendapatkan sertifikat Penguji.
Keterangan Logo
  1. Mata Pena : Berisi tegak dengan ujung mengarah ke atas terdiri dari arsiran, yang mempunyai arti bahwa Himpunan Seluruh Pendidik dan Penguji Indonesia terdiri dari berbagai jenis pendidikan.
  2. Gelang : Bertuliskan HISPPI PNF merupakan suatu pengikat jenis-jenis pendidikan dalam suatu wadah kesatuan yang tunggal.
  3. Sayap : Merupakan lambang sarana pendukung pendidikan menuju tujuan dan cita-citanya, dan mempunyai unsur Departemen Pendidikan adalah yang bersifat Pembina dan membimbing himpunan ini, serta fungsi kerjasamanya dalam dunia pendidikan dan bersifat “Tut Wuri Handayani”.
  4. Buku : Melambangkan seluruh pendidik yang selalu berusaha menimba ilmu dari buku-buku dan pengalaman.
  5. Setangkai Kipas : Sebelah kanan berbunga 8 (delapan) kuntum dan daunnya berjumlah 17 (tujuh belas) helai, melambangkan Proklamasi 17 Agustus.
  6. Setangkai Padi : Sebelah kiri berbuah 45 (empat puluh lima) butir melambangkan kesejahteraan yang adil dan merata yang dijiwai semangat proklamasi empat lima.
  7. Bingkai Segi Lima : Berarti pendidikan selalu dijiwai oleh sila-sila dalam Pancasila.
  8. Warna Lambang : Pari Enom (hijau padi muda) yang berarti kesuburan kemakmuran, kebahagiaan, keteguhan, kerukunan, dan keanggunan.
  9. Pelita : Melambangkan cahaya terang bagi Himpunan Seluruh Pendidik dan Penguji Indonesia Pendidikan Non Formal.
STRUKTUR ORGANISASI
BERITA
09/11/2012   Rapimnas dan TOT Pendidik PNF
09/11/2012   HISPI PNF Peduli Merapi
09/11/2012   Lokakarya Pedagogi/Andragogi serta Pemagangan ke Singapura dan Malaysia
09/11/2012   Rakernas dan Dialog Interaktif di Istana Negara Tahun 2008
09/11/2012   Pemagangan ke RRC
2017 © Direktorat Pembinaan Kursus & Pelatihan
Ditjen Pendidikan Anak Usia Dini, Nonformal dan Informal - Kementerian Pendidikan & Kebudayaan
website: http://www.infokursus.net - email: ditbinsus@yahoo.co.id